Danau Sentani,Papua

Danau Sentani yang indah. Foto: worldteampapua.org
Danau Sentani adalah salah satu danau terbesar di Provinsi Papua . Luasnya 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut (dpl). Kawasan wisata ini kaya akan keanekaragaman biota laut dan hewan-hewan endemik khas Papua.
Salah satu yang menarik di Danau Sentani adalah keberadaan hiu gergaji (Pristis microdon). Namanya hiu gergaji karena giginya berderet dan pastinya amat tajam. Hiu ini dikenal juga dengan nama ‘hiu sentani’ karena hanya ada di lokasi ini.
Hiu gergaji, satwa langka yang hidup di Danau Sentani. Foto: wordpress.com
Danau Sentani kaya akan beragam biota laut. Oleh karena itu, Danau Sentani dijadikan lokasi wisata untuk berenang, bersampan, menyelam, memancing, juga ski air.
Satu jenis ikan yang juga menarik untuk diketahui adalah ikan gabus asli yang jumlahnya semakin sedikit dan langka. Hal ini bukan diakibatkan masyarakat setempat yang mengkonsumsi ikan ini (rasanya enak loh, manis dan lezat) tapi rupanya telur-telur ikan gabus Sentani menjadi makanan ikan gabus Toraja.
Kampung-kampung (Ondoafi) di sekitar Danau Sentani layak kita kunjungi bukan hanya karena masakan ikan gabusnya yang lezat tapi juga aktivitas sehari-harinya yang menarik untuk dipelajari. Mereka biasa membuat lukisan dan baju dari kulit kayu (Pulau Ayapo), memahat ukiran kayu Papua yang terkenal itu, menanam sayuran di tengah danau, hingga kebiasaan menyelam sambil merokok.
Festival Danau Sentani yang menjadi obyek wisata andalan Provinsi Papua. Foto: Flickr
Kebiasaan yang terakhir terdengar aneh ya. Menyelam sambil merokok? Apa rokoknya tidak basah? Nah ini yang menarik. Masyarakat Sentani tidak merokok seperti orang-orang lain yang biasa kita lihat.
Bara rokok yang menyala mereka masukkan ke dalam mulut. Hal ini dilakukan supaya hawa panas dari bara rokok menghangatkan tubuh mereka sewaktu menyelam. Kalau sudah naik ke permukaan, rokok kembali dihisap seperti biasa. Tapi hindari mencoba-coba rokok ya, karena tidak baik untuk kesehatan.
Kalau kamu mau mengunjungi danau ini cobalah datang pada pertengahan bulan Juni ketika Festival Danau Sentani diadakan. Kamu akan terkesima dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dll. (Kidnesia/berbagai sumber)

Diberdayakan oleh Blogger.

Photo Gallery